Cara Menginstall Netbeans IDE 8.2 di Ubuntu


Selamat Malam, agan & aganwati! Masih ketemu lagi dengan ane pemilik blog yang reot namun ane cintai ini, yang isinya amburadul namun (semoga) bermanfaat dan memperluas wawasan kita semua (widiih). Di malam yang dingin ini, ane duduk di depan lepi, ditemani dengan kafein terletak di sebelah lepi ane, siap untuk nge-blog sampe larut malam! Wewewewewewweww! Mungkin di postingan kali ini ane bakal ngeshare tutorial yang udah diketahui oleh agan & aganwati, terutama yang udah pada pro make Linux (Linux lagi, Linux Lagi. Maklum gan, masih pengen membuktikan kalo Ubuntu bisa dijadikan sebagai alternatif pabrik sebelah). Tutorial kali ini adalah Cara Menginstall Netbeans IDE 8.2 di Linux Ubuntu.

Seperti yang agan & aganwati ketahui, Netbeans IDE 8.2 merupakan sebuah program yang biasanya diketahui untuk membuat program berbasis Java (Yo Dawg!). Namun, kenyataannya Netbeans IDE 8.2 merupakan sebuah program multifungsi yang sanggup mengompile program tidak hanya berbasis Java, namun bisa HTML, JS (JavaScript), PHP dan C++. Maka dari itu program ini merupakan program favorit ane untuk ngoding – ngoding gan. Apalagi Program ini bisa dijalanin di Linux Ubuntu ane, makin demen dah ane, serius. Berikut penampakannya, silahkan cekibrot:

Netbeans IDE 8.2 on Ubuntu
Netbeans IDE 8.2 on Ubuntu
Netbeans IDE 8.2 on Ubuntu
Netbeans IDE 8.2 on Ubuntu

Langkah Pertama : Mendownload File Yang Dibutuhkan

Pertama – tama, kunjungi terlebih dahulu website Netbeans, dengan cara klik DISINI. Lalu akan muncul halaman web seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:

Download Netbeans IDE 8.2
Download Netbeans IDE 8.2
  1. Pilih Platform Linux (x86/x64) pada combo box yang sudah ditandai dengan nomor 1 pada gambar diatas.
  2. Pilih Download dibawah Tabel Java SE bagi agan & aganwati yang ingin menggunakan Netbeans IDE 8.2 hanya untuk sebatas programming berbasis Java.
  3. Pilih Download dibawah Tabel HTML5/JavaScript untuk agan & aganwati yang ingin menggunakan Netbeans IDE 8.2 hanya untuk sebatas programming HTML5 dan JavaScript.
  4. Pilih Download dibawah Tabel PHP untuk agan & aganwati yang ingin menggunakan Netbeans IDE 8.2 hanya untuk sebatas programming PHP.
  5. Pilih Download dibawah Tabel C++ untuk agan & aganwati yang ingin menggunakan Netbeans IDE 8.2 hanya untuk sebatas programming C++.
  6. Pilih Download dibawah Tabel All untuk agan & aganwati yang ingin menggunakan Netbeans IDE 8.2 untuk dapat melakukan programming Java, HTML5, JavaScript, PHP, dan C++ jika anda tidak keberatan untuk mendownload filenya yang lumayan besar (setidaknya besar menurut ane, sayang kuota gan).

Sudah dipilih yang mana yang sesuai dengan kriteria dan kebutuhan agan & aganwati? Good! Silahkan didownload dan disimpan di folder yang mudah diingat. Di kasus ane, ane simpan di folder Downloads seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:

File Netbeans IDE 8.2
Hasil Download

Sekarang inilah Tricky Part nya! Sudah disimpan filenya? Good! Silahkan buka Terminalnya. Hal pertama yang harus agan & aganwati install adalah JDK. Mari kita install JDK terbaru, yaitu JDK 9 dengan memasukkan kode seperti berikut:


Sudah selesai menginstall JDK? Very Good! Lalu kita lanjutkan dengan masuk ke folder dimana agan & aganwati menyimpan file Netbeans IDE 8.2 yang sudah didownload tadi, via Terminal! Contoh, ane pengen masuk ke folder Downloads, ane masukkan kode seperti berikut:


Dan alhasil ane sudah masuk ke folder Downloads. Di kasus ane, ane sudah mendownload Netbeans khusus untuk programming Java saja. Nama file nya adalah netbeans-8.2-javase-linux.sh (Warning! Pastikan agan & aganwati mengetahui nama file yang di download, karena bakal kita pake nanti untuk install. Copy aja nama filenya biar gampang nanti.) Lalu Install Netbeans nya dengan mengetikkan kode - kode berikut:


Dan selanjutnya ikuti perintah - perintah untuk menginstall Netbeans IDE 8.2 yang terlihat pada layar lepi agan & aganwati (Palingan disuruh Next, Next, Next, Next, Finish. Udah kelar). And Netbeans IDE 8.2 sudah terinstall di Ubuntu! Enjoy!

Sekian dulu dari ane, semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi agan & aganwati semua, terimakasih atas kunjungannya, and have a nice day!



Comments

  1. http://ardli98.blogspot.co.id/2016/11/cara-menginstall-netbeans-ide-82-di.html

    ReplyDelete

Post a Comment