[Pengalaman] Permulaan Mendesain Web

Sedikit curhatan ane sebelum masuk ke pokok permasalahan. Disinilah ane, duduk di depan lepi, siap - siap untuk molor ditempat, namun sempat menyempatkan waktu untuk posting di blog baru unggulan ane ini, yang kelihatannya tidak berjalan begitu baik. Tapi ya, ane bakal terus update konten dari blog - blog ini, walau isinya ga berbobot semua. Apakah ane bakal buat konten ga berbobot lagi di masa depan blog ini nanti? Mau ga mau pasti ada aja konten yang ga menarik. Itulah resiko seorang blogger. Namun ane bakal terus berusaha. Pasti. (Ih, keren tulisan ane).

Yah, sebetulnya ane sudah diajarkan tentang dasar - dasar HTML, CSS, PHP dan sebagainya di tingkat SMK, ya karena ane dulu bersekolah di SMK TI lah, jelas amat. Dasar - dasar HTML seperti Tag dan semacamnya ane udah mulai menguasai. Tapi beda halnya sama bagian CSS dan PHP, apalagi JSP. Guru di SMK ngajarnya engga terlalu menyeluruh (maksude ngajarinya setengah - setengah). PHP sama JSP cuma disuruh ngetik apa yang guru ketik di proyektor, tanpa ngerti apa - apa yang kita ketik. Pas ujian akhir desain web, ane ditanya penguji ane cuma jawab seadanya aja, pas ditanya "Ini kenapa warnanya begini?" atau "Ini kamu pake apa kok bisa begini?", ya ane bisanya cuma jawab "Iya pak", sambil nodongin "Ini nih Pak, kodingnya, bisa dilihat sendiri..". Sampe sekarang ane masih bingung kenapa ane bisa lulus ujian akhir desain web (Alhamdulillah sih, syukur syukur).

Nah, kebetulan lah, di STIKOM semester III ane disuguhi mata kuliah Perancangan Web. Ane fikir "Wah, mayan yah, untuk refreshing memori, untuk mendalami CSS sama PHP." Yaudah, ane ambil mata kuliah tersebut, alhasil ane ga kecewa. Buanyak banget anak - anak disana yang masih awam banget sama yang namanya web. Jelas lah, soalnya buanyak banget anak - anak yang pemahamannya tentang IT masih terbilang minim. Ada anak IPS, sampe sampe malah ada anak tata boga yang nyangkut ke STIKOM, ga tau kenapa. Jadi ane dengan sangat gampangnya nyari nilai disana, masih diajari dasar - dasar HTML soalnya, seperti table, form, dan lainnya.

Nah, pas di minggu ketiga, kita mulai masuk ke materi CSS. Ini nih yang paling ane tunggu - tunggu. Akhirnya ane bisa mempelajari lebih dalam tentang desain web (walau udah pada pake bootstrap untuk desain web, tapi ane tetep ga sabar belajar CSS). Hal pertama yang diajari itu cara menghubungkan index.html (halaman utama) sama style.css (File yang isinya koding-koding CSS). Ane fikir, "Wah, bener - bener diajari dari awal. Yaudah ga papa deh, sekalian refreshing". Tau - tau bener, ane udah blank, memori tentang CSS dari awal sampe akhir sudah *Poof*, gone. Dosen tiba - tiba nawarin nilai gratis. "Siapa yang bisa menghubungkan halaman index dengan file css yang telah kalian buat, dapat poin gratis. Silahkan.". Ane panik, ane pengen nilai itu. Pengen. Banget. Hingga akhirnya ane inget, kalo menghubungkannya pasti ditaruh di tag head. Alhasil ane ngetik begindang.


Pengalaman desain Web
Ke-bego-an ane..

Udah kelar nulis gitu, ane pengen angkat tangan. Tapi ane ga yakin. "Apa bener gini ya? Perasaan ane inget ada style style nya gitu.". Yowis, ane ga angkat tangan. Semua ga ada yang angkat tangan, bahkan mas - mas yang udah pro ga mau angkat tangan, malu kali. Wakaranai. Ane tunggu sampe dosennya nyerah menunggu penawaran yang tak terbalaskan, dan akhirnya beliau menyerah. Dan setelah Pak dosen menuliskan kodingnya, ane menepuk - nepuk jidat sekeras - kerasnya. Ane ngoceh ke diri sendiri, "BEGOOO! MASA GITU AJA LU LUPA?? SONO BALIK KE SMK LAGI!". Ternyata ane lupa untuk jadiin satu antara index.html sama style.css, plus ane lupa koding supaya keduanya bisa terhubung.

Pengalaman desain web
The TRUTH!!

Setelah ane puas nepuk - nepuk jidat, akhirnya kita lanjut ke materi - materi CSS dasar lainnya. Dan pada minggu kelima, dosen bilang "Saya bakal buat soal - soal, dan siapa yang bisa jawab pertanyaan - pertanyaan ini, anda Free UTS!". Ane fikir, "Wah boleh juga, mengingat ane ga fokus - fokus amat di Unud, setidaknya Senin depan ane bisa fokus sedikit disana." Nah, ketika kita udah nunggu 10 Menit, dosen nyuruh buka browser, buka sebuah alamat IP, yang ane fikir keren, soalnya komputer - komputer nya terhubung di satu jaringan. Dan kita disuguhi 3 soal. Nomor 1 disuruh buat tabel - tabel tergabung (Yang make colspan & rowspan), buat form login sama buat halaman desain tradisional.

Pengalaman desain web
Soal nomor 2,
anggap aja seperti ini, ane ga sempat screenshot soalnya, ane males ngoding lagi, ane buat pake paint.

Ane ngeliatnya udah lemes, sampe - sampe ane berfikir "Yowislah, UTS UTS.". Ane makin lemes nginget kalo ini sistemnya rebutan. Untuk nomor 1 ane udah langsung nyerah, karena ane ga mudeng - mudeng tentang tabel, padahal pas kemaren ane mudeng loh. Sekarang ga mudeng lagi. Ane lanjut ke nomor 2, eh bisa. Dapet nilai. "Satu lagi, ane ga harus ngikut UTS minggu depan cok!", ane fikir. Syukur Alhamdulillah ane nomor 2 bisa lebih cepet dari temen ane yang disebelah, mengingat kalo nomor 1 udah diembat duluan. Yowis, lanjut ke nomor 3.

Nomor 3 soalnya ga terlalu ribet, cuma isiniya ada container, header, content, sidebar, footer, udah kelar. Cuma ane yang mikirnya ribet. Tapi ya akhirnya ane kelar. Nah, sebelum ane mau angkat tangan, temen disebelah ane udah angkat tangan duluan. "WUASEEEMM! UDAH KEDULUAN! DASAR LEMOT!". Yaudah ane fikir, "Yowis, UTS lah ane, UTS lah ane...". Begitu kerjaan temen ane dicek, dosen nanya ke ane, "Lah, udah nyerah?". Ane jawab "Udah pak, udah keduluan soalnya". Lalu temen sebelah ane yang baik hati bilang "Tadi kita selesainya barengan pak.". Dosennya kemudian berbaik hati menanyakan "Saya tambahin deh nilainya. Adik ga perlu ikut UTS." , Ane ngikut dapet nilai. Mayan lah, mayan. Not bad.

Yah meskipun agak terkesan gimana gitu, ane berterima kasih banget lah sama dosen dan temen sebelah ane itu. Kalo ga ada mereka ane bakal ikut UTS minggu depan. Sekian dulu, mohon maaf jika ada kesalahan penulisan, jangan dimasukin kehati, dimasukkan ke kantong saja. Thanks for reading, Sayonara!

Kamus :

HTML      : Hyper Text Markup Language
CSS          : Cascading Style Sheet
PHP          : Hypertext Preprocessor
JSP           : Java Server Pages
Sayonara  : Selamat Tinggal!

Comments