Top 5 Aplikasi Berguna di Ubuntu 16.04


What's up guys? Ane baru aja hijrah ke Ubuntu 16.04. Dan so far, ane betah & demen banget, serius. Tampilannya fresh, baru, keren dan ga terlalu berat. Dan kerennya lagi, ane ga perlu make Sistem Operasi bajakan perusahaan sebelah, ane bisa pake Linux Ubuntu yang ori, gratis pula. Berbasis komunitas sih soalnya. Dan lebih gampang diotak - atik tampilannya lagi. Kurang apa lagi coba?

Ubuntu 16.04 Desktop
Tampilan Desktop Ubuntu 16.04
Ubuntu 16.04 "Start Menu"
Tampilan "Start" Ubuntu 16.04
Tapi ya, Masyarakat masih agak gimanaa gitu untuk hijrah ke Linux. Dari segi tampilan, masyarakat udah terbiasa banget sama tampilan Windows, terbiasa sama tampilan Microsoft Office, dan sebagainya. Memang sih untuk install aplikasi musti pake terminal dengan awalan apt-get. Dan disini ane bakal menunjukkan kalau fitur dari Ubuntu tak kalah dari fitur Windows, dan Ubuntu juga bisa dijadikan sebagai Sistem Operasi Utama bagi masyarakat. Dan ane mulai dari 5 Aplikasi Berguna di Ubuntu. Tanpa basa - basi lagi, cekidot bro, sist!

Note : Sebelum install, pastikan agan & aganwati sudah membuka Terminal dengan menggunakan keyboard shortcut Ctrl + Alt + T secara bersamaan. Terminal ini akan kita gunakan untuk menginstall aplikasi - aplikasi yang akan kita cari. Alhasil akan muncul tampilan terminal seperti gambar dibawah ini:

Ubuntu 16.04 Terminal
Ubuntu 16.04 Terminal
1. XDM (Xtreme Download Manager)
XDM on Ubuntu 16.04
XDM on Ubuntu 16.04
Aplikasi XDM ini merupakan aplikasi download manager yang ane bilang bisa dijadikan sebagai alternatif untuk aplikasi IDM (Internet Download Manager) di Windows. Sebetulnya tampilannya berbeda dari IDM, namun ane bilang fiturnya ga kalah sama IDM. Berikut fitur - fiturnya:
  • Download files at maximum possible speed. (5-6 times faster, depends on connection)
  • Sophisticated dynamic file segmentation algorithm,data compression & connection reuse.
  • Download FLV, MP4, HTML5 videos from around the web.
  • Capture download from any browser (Firefox,Chrome,Internet Explorer,Opera,Safari or any other program trying to download a file from Internet)
  • Supports HTTP, HTTPS, FTP protocols with Authentication, Proxy Servers, Cookies, Redirection etc.
  • Pause/resume broken/dead downloads caused by connection problem, power failure or session expiration.
  • Built in video downloader, HTTP Traffic monitor, Batch downloader.
  • And many more.

Cara Install (ketik di terminal) :

Thanks to noobslab.com for the PPA!

2. Chromium Browser
Chromium on Ubuntu 16.04
Chromium on Ubuntu 16.04
Chromium on Ubuntu 16.04
Chromium on Ubuntu 16.04 (2)
Chromium adalah sebuah browser Chrome, versi Open Source, yang berarti browser ini bersifat terbuka untuk umum, dan semua fitur - fitur, tampilannya pretty much the same lah, cuma yang membedakan Chromium dengan Google Chrome adalah lisensi Chromium yang bersifat Open Source. Dan juga, Chromium lebih mudah untuk diinstall dibandingkan dengan Google Chrome sendiri di Ubuntu, so Why not?

Cara Install (ketik di terminal): 
3. Unity Tweak Tool

Unity Tweak Tool on Ubuntu 16.04
Unity Tweak Tool on Ubuntu 16.04
Ini nih, aplikasi terpenting bagi yang suka ngedit - ngedit sesuatu, terutama ngedit tampilan. Unity Tweak Tool menyuguhkan fitur - fitur untuk mengubah tampilan Ubuntu agan & aganwati, tampilan Overall, Tema, ikon - ikon dan lainnya. Ane bakal bilang ini "a must have application"!

Cara install (ketik di terminal):

4. VLC Video Player
VLC Video Player on Ubuntu 16.04
VLC Video Player on Ubuntu 16.04

VLC Video Player on Ubuntu 16.04
VLC Video Player on Ubuntu 16.04 (2)

Siapa sih yang ga tau VLC video player? Yak betul! VLC memang menjadi video player andalan, karena ringan, gampang dipake dan interface nya ane bakal bilang user-friendly banget. Pokoknya agan & aganwati harus punya aplikasi pemutar video ini, karena aplikasi pemutar video bawaan Ubuntu sendiri kurang fitur.

Cara install (ketik di terminal):

5. Clementine Music Player
Clementine Music Player on Ubuntu 16.04
Clementine Music Player on Ubuntu 16.04
Clementine adalah sebuah aplikasi pemutar musik yang kaya dengan fitur, seperti Equalizer, headphone effect, dan lainnya. Ane bakal bilang ini lebih efisien daripada aplikasi pemutar musik bawaan Ubuntu sendiri, Rhythmbox Music Player. Monggo di install gan!

Cara install (ketik di terminal):

Ane rasa cukup sekian dulu dari ane, mohon maaf jika postingan agak garing, mohon maaf jika ada kesalahan kata. Terimakasih atas kunjungannya, dan sampai jumpa di postingan selanjutnya!

Comments

  1. http://ardli98.blogspot.co.id/2016/11/top-5-aplikasi-berguna-di-ubuntu-1604.html

    ReplyDelete

Post a Comment