Themes Terbaik Untuk Ubuntu 16.04 Versi Ardliansyah!


What’s up guys? Gimana kabar ente hari ini? Ane? Ane baik baik kok disini. Mood ane bagus, timing juga bagus, dan ane bener – bener semangat buat nge-blog sekarang ini. Ada dukungan dari diri sendiri, dan ada diri sendiri yang memiliki bahu untuk disandari (kalo ngerti syukur, kalo engga ya tidak apa). Dan ane lagi - lagi bakal ngoceh tentang Linux Ubuntu lagi gans. Enjoy!

PENTING! Perlu diingat bahwa Themes dibawah sudah ane tes HANYA pada Ubuntu 16.04. Jika agan & aganwati menginstall di versi Ubuntu selain Ubuntu 16.04, dan mengalami kerusakan, bukan tanggung jawab ane loh gan. Makanya, DWYOR!

Akhir – akhir ini ane makin bener – bener jatuh cinta sama Linux, terutama bagian tampilan, karena seperti yang ane bilang pada postingan ane sebelumnya (baca disini), tampilan Linux, khususnya Ubuntu yang sedang ane bicarakan saat ini, gampang banget diubah – ubah dan dipercantik. Dan betul saja, ane kali ini akan ngeshare Theme Terbaik Untuk Ubuntu versi Ardliansyah. Tanpa basa – basi lagi, ane bakal langsung ngeshare Theme-nya dan cara installnya. Cekidot, bro & sist:

--VERTEX--

Ane demen sama theme Vertex ini karena kesederhanaanya gan. Walau ikon - ikon nya ga terlalu menarik, tapi ini tetep masuk ke list Theme terbaik ane. Namun sayang masih ada beberapa bug di Theme ini. Vertex terdiri dari 3 warna, yaitu Vertex, Vertex Dark, dan Vertex Light. Berikut penampakannya:

Vertex Light Theme
Ubuntu Vertex Light Theme

Ubuntu Vertex Theme
Ubuntu Vertex Theme 
Ubuntu Vertex Dark Theme
Ubuntu Vertex Dark Theme

Cara Install :

Pertama – tama, buka terminal, lalu ketikkan kode – kode berikut:


Lalu, buka Unity Tweak Tool (jika belum punya, bisa dilihat cara install DISINI), dan pilih Theme seperti yang terlihat pada gambar dibawah:

Unity Tweak Tool
Unity Tweak Tool
Dan yang terakhir, agan bebas untuk memilih dan mencoba satu persatu tema yang sesuai dengan selera, seperti yang terlihat pada gambar:
Installing the Theme

Voila!

--NUMIX--

Aaah, ini nih. Tema yang paling terkenal dan paling banyak di install di Ubuntu! NUMIX! Dengan tampilan fresh, simple dan metro, plus ikon - ikon bunder yang unyu - unyu ini menjadi theme favorit ane yang biasa ane pake di kegiatan sehari – hari, saking enaknya dilihat. Berikut penampakannya:

Ubuntu Numix Theme
Ubuntu Numix Theme

Cara Install:

Buka terminal, lalu ketikkan kode – kode berikut:


Lalu dari sini cara instalasi sama dengan instalasi Theme Vertex, namun pada pilihan Theme nanti, pilih Numix atau Numix Daily (Ane ga ngerti bedanya antara Numix sama Numix Daily, serius). Lalu jangan lupa ubah ikon ke Numix juga dengan menggunakan menu Icons, dan pilih Numix-circle atau Numix-circle-light (lagi - lagi ane ga ngerti bedanya, duh) di sebelah tab Theme, seperti yang terlihat pada gambar dibawah:

Install Ubuntu Numix Icons
Install Icons Ubuntu Numix

--ARC THEME--

Baru baru ini ane nemu Theme yang ane bakal bilang bakal bisa nandingin tampilan dari Numix, Vertex apalagi. Tampilan Arc-Theme ini terkesan lebih elegan, namun dengan waktu yang sama juga terkesan simple. Pilihan warnanya juga pas banget, jadi nyaman di mata gitu. Berikut penampakannya:


Ubuntu Arc-Theme
Ubuntu Arc-Theme
Ubuntu Arc-Theme Dark
Ubuntu Arc-Theme Dark

Cara install:

Buka terminal, lalu ketikkan kode – kode berikut :


Lalu install Theme nya via Unity Tweak Tool. Untuk instalasi ikon Arc Theme, agan dapat mengikuti langkah – langkah berikut:

Pertama, download dahulu Ikon pack nya dibawah ini:


(Very Special Thanks to github and horst3180)

Lalu ekstrak, dan temukan folder Arc, Kemudian kopi folder Arc tersebut ke folder usr/share/icons dan voila! Install via Unity Tweak Tool dengan memilih icon Arc! Berikut tampilan ikon - ikon Arc:


Arc-Icons Ubuntu
Arc-Icons Ubuntu

Ane rasa sampai sini dulu, seperti biasa, ane memohon maaf jika artikel ane kali ini rada – rada kurang berbobot, pendek dan ada salah kata. Ane mohon mangap sekali lagi. Semoga agan & aganwati menikmati tampilan baru Ubuntu nya, dan Selamat Malam!

Comments