Top 4 Easter Egg pada Linux


Selamat malam, folks! Ketemu lagi dengan ane, pemilik blog reot ponorogo ini (eh). Udah lama ane engga bahas tentang Linux Ubuntu dimari, jadi ane kangen lah. Nah, tapi ane hampir nge-blank gara - gara ane ga tau musti posting apa tentang Ubuntu. A wild idea appears! Ane bakal share easter egg yang bisa diakses di Ubuntu. Serius, lucu - lucu easter egg nya. Dan ini juga bisa dipakai untuk gaya - gayaan, "Wuih, ane bisa Linux!". Daripada basa - basi lagi, silahakan disimak gans!

1. "Have you mooed today?"

Ini nih easter egg pertama yang ane tahu, tau - tau di terminal ane muncul  sapi yang punya caption "Have you mooed today?". Sampe sekarang masih jadi easter egg favorit ane. Cara memunculkannya? Silahkan ketik apt-get moo di terminal, lalu enter. Hasilnya :

Linux Easter Egg Moo
"Have you mooed today?"
2. "There are no Easter Eggs in this program"

Salah satu easter egg favorit ane, yang termasuk ke dalam program Aptitude (Bagi yang belum punya aptitude, bisa install dengan mengetikkan sudo apt-get install aptitude di terminal. Lalu untuk memunculkan easter egg nya, pertama ketik aptitude moo di terminal, lalu enter. Lalu selanjutnya tambahkan -v, sehingga seharusnya aptitude -v moo , lalu enter. Dan kemudian tambahkan v lagi, sehingga programnya "menyerah" dan mengeluarkan easter egg nya.

Linux Aptitude Easter Egg
No Easter Eggs? Are you sure?
3. Cowsay

Bagaimana kalau kita ingin agar kata - kata kita "diucapkan" oleh seekor sapi? Disinilah Cowsay muncul. No doubt, salah satu Easter Egg terfavorit ane di Ubuntu. Cara memunculkannya? Ketikkan Cowsay *kata kata yang ingin ditampilkan* di terminal (Jika merasa belum menginstall cowsay, cukup ketikkan sudo apt-get install cowsay di terminal.)

What does the cow say?
What does the cow say?
4. Defaults Insults

Ini merupakan Easter Egg yang paling jahil untuk digunakan. Setting Easter Egg ini di Linux Ubuntu temen agan & aganwati, dan ketika mereka salah memasukkan password di Terminal untuk masuk dalam mode root, apa yang akan terjadi? Yak! Sama dengan judulnya, ejekan hinaan akan bertaburan! Cara memunculkannya? Pertama ketikkan sudo visudo, lalu enter. Dan tambahkan Defaults insults di bagian berikut.

Sudo Visudo
Sudo Visudo
Lalu tekan tombol Ctrl + X, lalu Y, lalu Enter. Alhasil jika kita salah memasukkan password guna masuk ke mode root atau apapun, akan muncul hinaan bertubi - tubi.

Sudo Visudo
Hinaan menyakitkan
Sekian dulu postingan dari ane, maaf terkesan pendek. Masih banyak Easter Egg yang dapat ditemukan di Linux, namun ane post segini aja dulu, biar enakan. Terimakasih atas kunjungannya, terimakasih telah membaca, have a nice day, folks!

Comments

  1. http://ardli98.blogspot.co.id/2016/11/top-4-easter-egg-pada-linux.html

    ReplyDelete

Post a Comment