Top 5 Aplikasi Berguna di Ubuntu [BAGIAN 2]


HUH? WHAT’S THAT? ARDLI IS BACK? HE’S HERE! THANK GOD! Setelah dia mengembara di lautan yang dipenuhi dengan Mahasiswa, Dosen, dan tugas – tugas tak terduga, akhirnya dia berhasil bertahan hidup untuk saat ini! Sungguh mencengangkan! Dan dia akan kembali ngupdate blognya kali ini! Wow! Ajaib!. (Sori gan, dull banget yah? Sori deh.)

Yah sementara itu ane masih ditengah – tengah jeda persiapan untuk mengikuti Ujian Akhir Semester, dengan kata lain, “Dapet C Mampus ane”. DAKEDO! Ane sempatin untuk ngupdate blog ane yang reot ini (serius, udah hampir sebulan ga diupdate, mana desainnya juga seadanya gini). Dan hal pertama yang muncul dikepala ane sih ya pastinya masih Ubuntu. Dan Ane rasa ane bakal post tentang Top 5 Aplikasi yang berguna di Ubuntu BAGIAN 2! (Baca juga : Top 5 Aplikasi Berguna di Ubuntu 16.04)

1. GIMP

Ane kenalin nih gan. Bagi yang nyari alternatif gratis sekaligus program desain gambar di Ubuntu (tau lah, Ph*toshop) ane rekomendasikan program atau aplikasi (atau ente ente boleh bilang apa aja) yang bernama GIMP. Mulai dari interface, keyboard shortcut (maybe) dan overall, mirip sama Sotosop. Jadi ini masuk ke list must-have application di Ubuntu. Cekidot bray, sist :

Gimp 2.8
Gimp 2.8
Gimp 2.8
Gimp 2.8

Cara Install (Ketik di terminal):

sudo apt-get install gimp

2. LINE

Siapa sih yang ga tau LINE? LINE itu udah bagaikan bagian dari hidup smartphone kita gituh. Kalo ga ada LiNE hape kita mati gituh (Eleh). Line untuk versi PC (Windows) udah keluar, untuk Firefox OS udah keluar, nah untuk Linux Kapaaaaan?? TENANG! DAIJOUBU! Ada caranya! Emm, sebenarnya ada 2 cara, yaitu dengan menggunakan Browser Chrome atau Chromium dan menggunakan Wine.

Line via Chromium Extension
install line via chromium extension
Line via Chromium Extension
install line via chromium extension

Cara Install (Via Chromium) :

- Install Chromium (ketik di terminal) :

sudo apt-get install chromium-browser

- Buka Line at Chrome Store dari Chromium

Install Line via Chromium Extension
Install Line via Chromium Extension


- Lalu ada tampilan seperti ini, klik saja Install. Beres.

Cara Install (via Wine)

- Install Wine (ketik di terminal) :

sudo add-apt-repository ppa:wine/wine-builds
sudo apt-get update
sudo apt-get install --install-recommends winehq-devel

- Install Winetricks (ketik di terminal) :

sudo apt-get install winetricks

- Install Vcrun2008 (ketik di terminal) :

winetricks vcrun2008
- Download Line :

Buka Web page untuk download Line Disini

Install Line via Wine
Install Line via Wine

- Buka LineInst.exe

Done!!

3. CONKY

Pengen masang widget seperti (Jam, tanggal, dll) di Ubuntu tapi bingung caranya kayak gimana? Nah, ane punya solusinya. Pake Conky! CONKY! CONKY! Ane sebenernya juga baru tau cara makenya tadi malem, jadi ga ada salanya ane share disini. Cara settingnya juga gampang, dan banyak juga template widget untuk conky yang tersebar luas di lautan internet, jadi bebas milih widget dah pokoknya. Berikut Screenshotnya!

Conky Manager
Conky Manager
Conky
Conky

Cara Install (ketik di terminal):

- install conky

sudo apt-get install conky-all -y
- install conky-manager

sudo add-apt-repository ppa:teejee2008/pp
sudo apt-get update
sudo apt-get install conky-manager

4. DOCKY

Nah, bagi agan – agan yang pengen install dock biar persis kayak Mac OS, DOCKY adalah jawabannya (Yah, setara lah sama Rocket Dock di Windows). Settingnya mudah, mudah dioptimisasi, mudah dimodifikasi, recommended buat agan – agan yang pengen tampilan Ubuntunya jadi makin menarik. Cekidot :

Docky
Docky

Cara Install (ketik di terminal):

sudo apt-get insatll docky

5. Unetbootin

Nah ini nih, aplikasi yang menurut ane paling krusial di antara aplikasi – aplikasi di atas. Imagine, ente pengen install ulang, tapi ga tau caranya, berhubungan ente udah terlanjur meninggalkan W*ndows, lalu sudah terbiasa menggunakan Rufus untuk menginstall ulang. Nah, ane ada solusi. Install Unetbootin. Tampilan memang beda, tapi cara masih sama aja kok. Masih mudah. Install now!

Cara Install (ketik di terminal)

sudo apt-get install unetbootin


Cukup Sekian dulu dari ane, mohon maaf kalo pendek seperti biasa, mohon maaf kalo ada kesalahan kata di postingan ane yang satu ini, dan postingan ane yang sebelum-sebelumnya, dan Terimakasih atas kunjungannya! (Seperti yang ane duga, opening & closing dull banget).

Comments

  1. http://ardli98.blogspot.com/2017/01/top-5-aplikasi-berguna-di-ubuntu-bagian.html

    ReplyDelete

Post a Comment