Top 5 Aplikasi Berguna di Ubuntu [BAGIAN 3]


Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh!

Sebelumnya, ane pengen ngucapin Minal Aidzin Wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin ya gans. Mohon maaf kalo ane pernah salah kata, mohon maaf jarang update juga yoo..

Iyak, ane tau yang anata-tachi fikirkan. Ane tahu persis banget. Tugas, kemalasan dan kesibukan digabung menjadi satu, ya you know lah hasilnya gan. Literally, udah 4 bulan ane udah ga posting di blog yang reot namun tercinta ini. Tenang, ane ga bakal berhenti jadi blogger, (itu pun kalo ada yang peduli, haha.....).

Di kesempatan kali ini, ane pengen share lagi tentang aplikasi-aplikasi yang ane fikir sangat berguna untuk anta-tachi gunakan, sekaligus sebagai alternatif - alternatif yang biasa dipakai di Wind*ws. Jadi, mari langsung saja disimak.

1. Indicator-cpufreq


Basically, ini kurang tepat untuk dipanggil sebuah aplikasi, melainkan sering juga disebut sebagai applet. Ini merupakan sebuah applet yang memungkinkan pengguna untuk mengganti frequency CPU dan governor CPU. Biasanya (engga kayak punya ane yang diatas), ada governor seperti ondemand, conservative, powersave dan performance. 

Side note :
1. Pilih ondemand atau conservative untuk pemakaian sehari-hari!
2. Pilih powersave untuk menghemat baterai!
3. Pilih performance untuk bermain game!

How to install (via terminal):
sudo apt install indicator-cpufreq

2. WPS Office

Word

Spreadsheet

Presentation

Iya iya, ane ngerti. "Linux kan udah ada LibreOffice, jadi untuk apa kita install yang laen lagi??" Iyaa, yang make LibreOffice kan belum tentu bisa ditransfer ke pengguna Microsoft, malah hancur lagi tampilannya (I learned it the hard way, by the way..). Jadi, satu - satunya alternatif untuk pengguna Microsoft Office ya WPS ini. Ada Word (pengganti Microsoft Word), Presentation (pengganti Microsoft Powerpoint), dan Spreadsheet (pengganti Microsoft Excel).

How to install:
1. Kunjungi Website resmi WPS [DISINI] dan download WPS (Ingat! i386 = 32-bit, amd64 = 64-bit)
2. Setelah di download, buka foldernya, klik kanan -> open terminal here
3. Install dengan menggunakan perintah sudo dpkg -i nama_file.deb
Ket : nama_file.deb itu nama file yang udah di download tadi.

3. Sticky Notes


Siapa yang ga tau sticky notes sih? Yang biasa digunakan sebagai reminder akan jadwal atau suatu acara yang ane bakal bilang bener-bener berguna. Fungsi dan cara kerjanya pun memang bener-bener sama sama Sticky notes versi Windows.

How to install:

sudo add-apt-repository ppa:umang/indicator-stickynotes

sudo apt update && sudo apt install indicator-stickynotes

4. Atom Text Editor

Atom Text Editor

Atom Text Editor

Wah, inilah salah satu text editor yang bener-bener berguna bagi para programmer, web designer, dan sebagainya. Atom memang bener-bener mirip sama Notepad++, Sublime Text, dan yang paling ane demen adalah keringanannya. Aplikasi ini ringan banget, dan juga banyak package atau add-on yang bisa dipilih sesuai keinginan.

How to install:
1. Kunjungi website resmi Atom [DISINI] dan download aplikasinya.

Ket:
- Download yang deb jika agan make Linux Debian, Ubuntu (Obviously, duh)
- Download yang rpm jika agan make Linux Fedora

2. Install via terminal dengan menggunakan perintah sudo dpkg -i

5. Pinta

Pinta
Well, bagi agan-agan yang nyari alternatif dari Paint untuk Linux, Pinta lah jawabannya. Dari segi tampilan, segi fungsi memang bener-bener mirip sama Paint Wind*ws.

How to install (via terminal):
sudo apt install pinta

Sekian dulu dari ane, semoga postingan ini bermanfaat bagi agan & aganwati yang masih ragu untuk berhijrah ke Linux, mohon maaf jika postingannya ga bermutu ga berbobot, yang penting hepi, haha..

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Comments

  1. http://ardli98.blogspot.co.id/2017/06/top-5-aplikasi-berguna-di-ubuntu-bagian.html

    ReplyDelete

Post a Comment